DPW Matra Jatim dan DPD Matra se-Jatim Rapat Kerja Daerah

Dewan Pengurus Wilayah Jawa Timur Masyarakat adat Nusantara


JAKMAS - Surabaya, Dewan Pengurus Wilayah Jawa Timur Masyarakat adat Nusantara dalam rangka silaturahmi dan buka puasa bersama sekaligus menyampaikan laporan kegiatan masing-masing DPD Matra serta pengarahan program kerja yang dimiliki DPW Jatim, tepatnya pada tanggal 16 Maret 2024 kantor sekretariat DPW Matra Jawa Timur Jl.Ir Soekarno No 679 Surabaya.

DPW Matra Jatim mepaparkan acara ini diselenggarakan tidak hanya untuk rakerda Matra Jawa Timur namun juga menyambung silaturahmi dengan orang adat, budayawan, sesepuh,kyai dan para ulama. Matra bermaksud menjaga kebudayaan nusantara secara utuh dengan semangat persaudaraan. keterbukaan, dan saling menghormati demi terwujudnya kebudayaan yang luhur di tanah Nusantara dan Dunia 

"Selain kita ada raker ,kita lebih mempererat, menengahi, meluruskan dan menjalin lagi yang kemarin sempat tahun politik, jadi ada yang memilih satu, dua dan tiga. Kita kumpulkan lagi, siapapun presiden yang terpilih ya kita harus guyup lagi artinya adat kita ini jangan dicampurkan sama kegiatan politik,"(16/3/2024).

Pasalnya Cristian Sabilal Pussung Ciptonegoro juga menjelaskan acara tersebut untuk pembentukan DPD Matra yang baru untuk wilayah Jawa Timur lainnya, karena terdapat rencana pada tahun 2024 melantik pengurus untuk masyarakat adat Nusantara di 38 kabupaten kota se Jawa Timur.

"Alasan dan tujuannya untuk mengedepankan budaya dan adat yang ada di wilayah kita seluruh Jatim untuk dilestarikan dan diangkat lagi tentunya terdapat program terbaru untuk memotivasi anak muda dengan tagline "yang muda yang berbudaya" artinya anak muda itu harus mencintai adat dan budaya wilayah nya masing-masing sesuai kaidah yang tidak melanggar hukum, konstitusi UUD 1945 dan Pancasila,"imbuhnya



Previous Post Next Post