Sebuah Rintisan Merekonstruksi Sejarah Lokal Balambangan Kuno Abad XIII - XIV

Ahmat Zulfikarnain Lubis Pendiri Jakmas.com dan Biro Pers Matra sangan bangga atas sosialisasi Thomas Racharto


JAKMAS - Sebuah rintisan merekonstruksi sejarah lokal balambangan kuno atau kabupaten banyuwangi sekarang. Diakui, masih ada sesuatu yang terpendam mengenai kehidupan Leluhur Balambangan Kuno dimasa lalu, dan ternyata buku ini mampu memberikan kejelasan hal yang terpendam tersebut, yang dinyatakan dengan gaya tersendiri oleh penulisnya, bahkan dapat memberikan kejelasan terhadap hal-hal yang selama ini terlihat kabur. 

Seperti halnya mengenai istilah Kedaton Wetan dan Kedaton Kulon, mengenai siapa itu Bhre Wirabhumi, apa wilayah Balambangan Kuno itu, sama dengan wilayah Wirabhumi, dimana letak Kedaton Wetan di sampaikan berdasarkan sumber-sumber sejarah yang valid antara lain artefak-artefak, Fitur Lungur, (sumber sejarah materiil), Kakawin Nagara Kartagama, Prasasti-prasasti dan Serat Pararaton, kebanyakan menggunakan sumber sejarah dalam atau dari (sumber Nusantara sendiri), ini luar biasa. 

Walhasil dari paparan hasil kajian penulis, banyak hal tambahan pemahaman yang selama ini kabur, dan belum pernah didapatkan, menjadi jelas dan menambahkan wawasan pemahaman jatidiri Balambangan.

Previous Post Next Post