Kompleks Makam Banyusumurup


JAKMAS | Kompleks Makam Banyusumurup merupakan kompleks makam di Dusun Banyusumurup. Letak makam ini berada di lembah bukit selatan daerah Imogiri. Tokoh yang dimakamkan di Kompleks Pemakaman ini adalah Pangeran Pekik dan Roro Oyi. Pangeran Pekik merupakan anak dari Pangeran Surabaya, seorang Adipati penguasa Surabaya pada awal abad ke-17 Masehi.

Pada tahun 1625 Masehi, daerah Surabaya ditaklukkan oleh Kerajaan Mataram sehingga Pangeran Pekik diperintahkan untuk pindah ke Mataram untuk dinikahkan dengan adik Sultan Agung, Ratu Pandan Sari. Selanjutnya puteri dari Pangeran Pekik dinikahkan dengan putera Sultan Agung yang bernama Pangeran Adipati Mataram (Sunan Amangkurat I). Pangeran Pekik dianggap melakukan pemberontakan terhadap Kerajaan Mataram, sehingga Sunan Amangkurat I memerintahkan agar Pangeran Pekik dan para pengikutnya dibunuh kemudian dimakamkan di Banyusumurup.

Kompleks Makam Banyusumurup terdiri dari dua halaman yang masing- masing dikelilingi tembok berbahan batu bata. Halaman pertama disebut Bale Panyerenan dahulu berfungsi sebagai tempat meletakkan jenasah sebelum dimakamkan di halaman ke II, sedangkan fungsinya sekarang sebagai tempat menunggu bagi para peziarah. Halaman II merupakan tempat keberadaan makam Pangeran Pekik beserta kerabat dan pengikutnya.

Previous Post Next Post