Sanggar Selogending Senduro Lumajang Gelar Ritual Adat Unan Unan

Sanggar Selogending Senduro Lumajang Gelar Ritual Adat Unan Unan


JAKMAS - Lumajang, Pada Hari Selasa Kliwon 22 April 2024 bertempat di Sanggar Pepunden Selogending Desa Kandangan Kecamatan Senduro Kabupaten  Lumajang mengadakan upacara Adat Unan Unan yang diadakan dalam jangka waktu 5 tahun sekali.

Ritual Mayu Bumi ini adalah wujud sukur kepada Bumi yang telah memberikan manfaat kehidupan karena kesuburan gemah ripah loh jinawi masyarakat sehat jauh dari musibah atau kalis nir sambikala ( istilah jawanya).

Upacara Unan Unan kali ini dipimpin langsung oleh Romo Pandito Dukun Tengger Gatot berjalan dengan lancar dan sakral.


Persembahan tari Bedaya Saragi Jiwo disajikan untuk melengkapi ritual dan menghibur para undangan yang hadir dari  berbagai daerah termasuk dari Bali, sesepuh pinisepuh, pegiat Budaya, padepokan, ormas budaya, lintas agama pun ikut serta dan nampak diantara yang hadir yaitu Kapolres Lumajang Ketua DPRD Lumajang dan yang mewakili dari Kementrian Kebudayaan Pusat.

Sanggar Selogending berhias penjor janur yang indah juga jalanan Desa Selogending semarak dengan arak arakan pembawa sesaji dengan mengenakan busana tradisional yang menjadi khas dan wajib dalam pelakasaan ritual Adat. Suku Tengger Brang Wetan ini.

Sebagai Ketua Pelaksana Ritual Adat Unan Unan Brang Wetan Sanggar Pepunden Selogending, Wira Dharma yang didampingi Sekretaris Srada Dhanata, mengucapkan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan dan suport yang luar biasa dari berbagai pihak terkait lancarnya upacara hari ini.

Hong Ulun Basuki Langgeng.

Previous Post Next Post