Pantai Ngobaran, Titik Kumpul Melasti 2024 Umat Hindu di Gunungkidul

Ida Sulinggih memimpin upacara melasti di Pantai Ngobaran Gunungkidul


JAKMAS | Kabupaten Gunungkidul – DIY. Bertepatan dengan Purnama Sasih Kesanga tanggal 24 Februari 2024, sekitar 700-an Umat Hindu melaksanakan upacara melasti di Pantai Ngobaran sebuah objek wisata alam nan memepesona di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melasti yang dilaksanakan oleh umat hindu merupakan rangkaian upacara menjelang hari Raya Nyepi menyambut Tahun Baru Saka. Untuk tahun 2024 ini adalah Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Dalam Satra Jawa Kuno, disebutkan: “melasti ngarania ngiring prewatek dewata angayutaken laraning jagat, papa klesa letuhing bhuana”. Upacara melasti bertujuan untuk melebur segala macam kekotoran pikiran, perkataan, dan perbuatan.


Para Penari Bedaya Maha Puja di Pantai Ngobaran


Laut (pantai) Ngobaran menjadi tempat yang dipilih untuk pelaksanaan melasti dengan filosofi tujuan untuk memperoleh air suci (angemet tirta amerta) untuk kehidupan (bhuana agung maupun bhuana alit). Upacara melasti di Pantai Ngobaran hari ini diikuti oleh Pratima atau Pralingga dari 15 pura di Kabupaten Gunungkidul. 

Tak Hanya Umat Hindu dari Kabupaten Gunungkidul, kegiatan melasti di Pantai Ngobaran kali ini juga dipadati oleh Umat Hindu dari daerah Bantul, Sleman, Yogyakarta, Klaten, Boyolali serta daerah sekitarnya.

Turut hadir dalam upacara melasti adalah jajaran pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Panitia Nyepi tahun 2024 DIY, serta Pembimas Hindu DIY yang diwakili oleh pelaksana pada Bimas Hindu Kanwil Kemenag Propinsi DIY. 

Suasana prosesi upacara melasti semakin terasa khidmat saat dihaturkan Tarian Sakral Bedaya Maha Puja yang menggambarkan kekutan Dewata Nawa Sangha dalam menjaga keseimbangan alam semesta.


Para Sulinggih di Gunungkidul mengambil Air Suci dari Laut Pantai Ngobaran

Tarian yang mengusung konsep Sembilan sakti dari Sang Hyang Siwa ini dikemas dalam konsep Tari Bedaya. Setiap gerak tari ini mampu menghadirkan suasana yang semakin religius di Pantai Ngobaran.

Tari Bedaya Maha Puja ditarikan oleh siswi-siswi Hindu dari Pasraman Widya Santi dan Pasraman Satya Dharma yang merupakan binaan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Gunungkidul.

Ketua PHDI Kabupaten Gunung Kidul yaitu Purwanto yang biasa disapa Mas Pur mengatakan bahwa Pantai Ngobaran memiliki nilai histori yg sangat luar biasa, karena leluhur kita semua Hyang Prabu Brawijaya pernah melaksanakan tapa bratha yoga dan samadhi di tempat ini.


Iring-iringan umat Hindu mengikuti Prosesi Melasti di Pantai Ngobaran Gunung Kidul


“Beliau Hyang Prabu Brawijaya beserta seluruh keluarganya, mendapatkan petujuk untuk menebarkan ajaran budhi, hingga mencapai Gunung Lawu untnk melaksanakan tapa ing sepi”. Sambung Purwanto yang juga merupakan ASN pada Bimas Hindu Kanwil Kemenag Propinsi DIY.

“Umat Hindu selalu meneladani para leluhurnya, karena tradisi yang telah turun temurun ini memiliki nilai-nilai luhur yang mendamaikan diri dan seluruh alam semesta”. Pungkas Mas Pur.

Upacara melasti di Pantai Ngobaran Gunung Kidul pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2024 yang dipimpin atau dipuput oleh Sulinggih Ida Shree Bhagawan Dalem Acarya Mahakerti Jagat Manik dari Yogyakarta ini berjalan khusyuk dan lancar.

Rangkaian upacara melasti diakhiri dengan prosesi Garebeg Gunungan. Prosesi Garebeg Gunungan ini sebagai simbol ngalap berkah dari bumi pertiwi yang gemah ripah loh jinawi, subur makmur. Semua umat yg hadir merasa bahagia.


Berita: Idewa Adiyadnya

PHDI Kota Bekasi

Previous Post Next Post