Ada 2 Makna Ilmu Mangqul dengan Bahasa Arab dan Makna Arti


JAKMAS.COM | Ada 2 Makna ilmu mangqul dengan bahasa arab dan makna arti ( Indonesia)

Penjelasan ilmu mangqul ini bukan untuk kalangan minoritas, melainkan untuk umum secara keseluruhan, bahkan bukan untuk Islam saja. Sedangkan makna bahasa arab mangqul adalah : memindahkan ilmu dari guru ke murid dengan cara mengkaji ilmu yang di ajarkan gurunya, secara tertulis,serta keterangan.

Sedangkan penjelasnya makna arti ilmu mangqul secara bahasa dari KH. Nurhasan Al Ubaidah Lubis ialah "Mengesahkan amalan, menghilangkan kebodohan". Jika ia mengaku seorang Islam sesuai yang di amalkan tanpa berguru apakah amalan tersebut Syah? ia hanya belajar dari buku,dari internet sesekalipun amalan tidak akan di terima jika di lakukan secara mandiri.

Sesuatu yang di kerjakan dalam amalan semua harus berguru secara isnad, muttasil, teori dan praktek sehingga tau ilmunya karena faham isinya, faham keterangan apa yang di sampaikan dari guru tersebut.

Dari Ibnu ‘Abbas r.a. berkata Rasulullah saw bersabda, “Di dalam agama itu tidak ada pemahaman berdasarkan akal pikiran, sesungguhnya agama itu dari Tuhan, perintah-Nya dan larangan-Nya.” (HR. Ath Thabarani) 

Ibnul Mubarak berkata: ”Sanad merupakan bagian dari agama, ia bukan karena sanad, maka pasti akan bisa berkata siapa saja yang mau dengan apa saja yang diinginkannya.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Muqoddimah kitab Shahihnya 1/47 No. 32 ).
Previous Post Next Post